Kamis, 10 Maret 2016

Mengenal Ahli Tenaga Laboratorium Medis

Ahli Tenaga Laboratorium Medis (ATLM) adalah seseorang dengan profesi yang tersembunyi. Belum banyak orang tau siapa sih atau apa sih ATLM itu?
pernahkah pergi ke lab untuk periksa darah? urin? dahak? dsb.
nah, mereka itu sering disebut suster atau dokter -_- padahal mereka itu tenaga kesehatan laboratorium tau :D
masih sedikit orang yang tau tentang mereka, kenapa sih? karena mereka bekerja di balik layar seorang dokter. kok bisaaa????
yups, karena mereka yang melaporkan hasil dari keadaan pasien kepada dokter, sehingga dokter dapat mendiagnosis penyakit pasien nya. keren dong mereka??? :p
sebetulnya peranan ATLM ini sangat penting sekali karena mereka akan menganalisa kesehatan kamu lewat cairan tubuh kamu (darah, urin, cairan otak, dll) sampe buat mengetahui kualitas pembuahan mu loh, namun sayang mereka hanya bertugas untuk mengambil sample dan memeriksanya saja sedangkan untuk hasilnya akan diberitahu dokter sehingga pasien hanya akan mengenal dokter saja.
namun profesi ini sungguh sangat berat, kenapa??? karena jika salah menganalisis sedikit saja maka akan mempengaruhi diagnosis penyakit dan penyembuhannya.
namun mereka tetaplah manusia dimana kesempurnaan hanya milik Alloh dan kesalahan hanya milik manusia (kata bunda dorce).

sebenarnya pada mulanya semua profesi kesehatan hanya dilakukan oleh satu orang yaitu oleh dokter saja, mulai dari memeriksa keadaan pasien, pemeriksaan cairan tubuh, pemeriksaan x-ray, perawatan hingga pemberian obat. namun dengan berjalannya waktu mulailah kegiatan tersebut mulai lah dipisah-pisah hingga sekarang kita ketahui banyak jurusan yang ditawarkan oleh sekolah-sekolah tinggi kesehatan seperti dokter, bidan, medrec, perawat, apoteker, radiolog, ATLM, dsb.

profesi yang mereka lakukan selalu dilakukan dengan kesungguhan hati, tiada lelah meskipun masih banyak profesi kesehatan lainnya masih mendapatkan "gaji" minim, namun mereka masih memberikan pelayanan terbaik mereka. meskipun ada beberapa hingga banyak yang agak-agak judes memberikan pelayanannya, WHY??? karena mereka kelelahan dengan pekerjaan mereka tanpa henti yang begitu banyaaaak yang membutuhkan perawatan karena terus-terusan bulak-balik untuk melihat keadaan pasien ditambah apabila ruangan yang begitu luaaaassss. jadi semoga dengan membaca ini para pasien dapat dengan berlapang dada untuk memakluminya :D .

apa saja sih yang dilakukan oleh masing-masing profesi itu? bacaan berikutnya akan membahas banyak tentang profesi mereka simak ya !!! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar